Kamis, 10 November 2011

Hari Pahlawan

pengibaran bendera Indonesia setelah bendera Belanda   berhasil di sobek warna birunya

Karena kemarin bertepatan dengan hari Pahlawan ke 66 saya ingin sedikit membahas tentang hari pahlawan. Sebenernya terasa kurang pantas juga untuk saya mengomentari tentang hari pahlawan. Kenapa? karena saya belum bisa berbuat apa-apa untuk bangsa ini, untuk menghargai jasa pahlawan yang sudah susah payah untuk memperjuankan kemerdekan Republik Indonesia.
Sekarang ini hari pahlawan, sering di warnai dengan aksi demo dari para Mahasiswa. Sering kali saya berfikir, apasih tujuan mereka? Apa suara mereka akan di dengar oleh "Tetinggi" negara ini ?  Apa tindakan mereka bisa membuat pada Pahlawan bangga? Saya rasa tidak sama sekali.

Bung Tomo, pemimpin Revolusioner Indonesia

Sebenernya, apa sih  sebenernya makna dari hari Pahlawan itu sendiri? menurut saya pada saat itulah kita mengenang jasa para pahlawan yang telah bersedia mengorbankan jiawa,raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Mengapa tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan karena pada saat itu para pejuang kita bertempur mati-matian untuk melawan tentara Inggris di Surabaya.Padahal saat itu kita hanya mempunyai beberapa pucuk senjata api, selebihnya para pejuang menggunakan bambu runcing. Namun para pejuang kita tak pernah gentar untuk melawan penjajah. Kita masih ingat tokoh yang terkenal pada saat perjuangan itu yakni Bung Tomo yang mampu menyalakan semangat perjuangan rakyat lewat siaran-siarannya radionya.

Dan kita wajib mencontoh semangat para pejuang dan pahlawan kita untuk diimplementasikan dalam kehidupan kita yg sekarang. Yang perlu kita sadari bahwa untuk menjadi seorang pahlawan kita tidak harus berperang menggunakan senjata untuk melawan musuh kita, tapi kita bisa juga menggunakan ahlak baik kita dalam mengisi kehidupan kita sekarang ini dengan melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat baik bagi diri kita maupun bagi masyarakat banyak. Setiap orang harus berjuang untuk menjadi pahlawan. Karena itu, hari pahlawan tidak hanya pada 10 November, tetapi berlangsung setiap hari dalam hidup kita. Setiap hari kita berjuang paling tidak menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan keluarga. Artinya, kita menjadi warga yang baik dan meningkatkan prestasi dalam kehidupan masing-masing.Kita bertanya pada diri sendiri apakah kita rela mengorbankan diri untuk mengembangkan diri dalam bidang kita masing-masing dan mencetak prestasi dengan cara yang adil, pantas dan wajar. Itulah pahlawan sekarang.


Cerita Kronologi Peristiwa 10 November  http://id.wikipedia.org/wiki/Peristiwa_10_November 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar