Jumat, 04 November 2011

Don't Make Line

[ Hasil Draw pada game Dont Make Line]

Pada semester -semester 5- saya mendapatkan project dari Lab. Ti untuk membuat sebuah game AI(kecerdasan buatan). Game kecerdasan buatan itu pada intinya kita sebagai user akan bermain melawan komputer. Diharapkan komputer dapat mempunyai kemampuan seperti manusia untuk bermain game. Ada banyak contoh game AI, salah satunya adalah Don't Make Line.


INITIAL STATE :

Initial state yang digunakan sebagai acuan untuk membuat permainan don’t make a line adalah pembuatan papan permainan dan simbolnya. Permainan ini menggunakan papan 2 dimensi yang berukuran 4x4. Kemudian untuk simbol, simbol X berwarna merah ditentukan untuk user, dan simbol O berwarna hijau ditentukan untuk komputer.

RULE :

Aturan main (Rule) yang digunakan pada game don’t make a line ini adalah sebagai berikut:

1. User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak dari simbol yang akan dimainkan. User diberi kebebasan untuk meletakkan simbol dimana saja selama berada di papan permainan.

2. Komputer diberi kecerdasan buatan (AI) untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan) & untuk memenangkan game ini.

GOAL:

Goal untuk menyelesaikan game don’t make a line ini adalah membuat lawan agar simbolnya membentuk pola yang telah ditentukan. Jika salah satu pemain membentuk pola tersebut, maka pemain akan kalah dan permainan akan berakhir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar